Translate

Rabu, 05 Oktober 2016

Proses Public Reations

Setelah beberapa minggu lalu blog ini sudah membahas tentang dasar-dasar Manajemen Public Relations, kalian ini kita akan membahas mengenai proses public relations! :D Public Relations memiliki 4 langkah proses PR, yaitu :

  1. Definisi Permasalahan; apa yang terjadi sekarang? (Analisis Situasi) Seorang PR yang baik harus bisa menganalisis situasi sekitarnya. Baik itu internal perusahaan atau diluar perusahaan. Agar segala sesuatu yang ingin dikomunikasikan berjalan sesuai dengan keinginan seorang P.R tersebut. Namun, dalam melihat situasi ini, seorang P.R tidak boleh memeintah bawahannya atau orang lain untuk melakukan pekerjaannya. Situasi yang ada di sekitar perusahaan harus dikerjakan oleh P.R sendiri tapi tidak menutup kemungkinan dapat dibantu pihak lain. Proses pengumpula data juga harus dijalankan oleh P.R, karena proses setelah menganalisis situasi ini akan dilakukan juga oleh P.R
  2. Perencanaan dan Program; apa yang harus kita lakukan, katakan dan mengapa alasannya? (Strategi) Setelah melihat situasi tersebut, seorang P.R wajib menyusun program dari apa yang sudah dipantau sebelumnya. Hal ini memudahkan seorang P.R untuk bekerja agar sesuai struktur yang sudah direncanakan dan tidak lupa step atau tahapan ketika hendak mengimplementasikan rencana tersebut. Dan dalam proses perencanaan yang sudah dikerjakan oleh P.R harus ditetapkan dengan keputusan bersama dan dukungan penuh dari prusaaan tersebut.
  3. Aksi dan Komunikasi; bagaimana dan kapan kita bertindak dan mengatakan hal tersebut (Implementasi) Dari rencana yang sudah disusun oleh P.R, barulah bisa ditentukan cara untuk menjalankan rencana tersebut. Adanya strategi yang sudah disusun sebelumnya sangat berperan penting untuk menjalankan proses kerjanya seorang P.R.
  4. Evaluasi Program; bagaimana kita telah melakukannya (Evaluasi) Setelah semua proses sudah dijalankan, seorang P.R diakhir pekerjaanya wajib mengevaluasi segala sesuatu mulai dari awal-akhir pekerjaannya. Hal ibi dilaksanakan agar mengerti kesalahan dalam bekerja disisi mana, dan sebagai bahan koreksi P.R perusahaan tersebut agar tidak melakukan kesalahan yang sama dikemudian hari. Atau evaluasi ini juga bisa dijadikan acuan untuk bekerja lebih inovasi dan kreatif dalam melihat situasi, menyusun strategi, dan mempraktikannya dengan cara yang baru, hal ini akan memudahkan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan dan nilai positif dimata stakeholder dan masyarakat.

Public Relations juga harus mengerti bagaimana cara mengidentifikasi masalah. Bagaimana cara mengidentifikasi masalah tersebut? 
  • Pengumpulan Fakta, ada beberapa cara untuk mendapatkan fakta-fakta yang ada antara lain. 
    *Riset (desain; pengumpulan data primer, pengolahan data dan perumusan data): sampel yang diambil; jenis penelitian; lokasi responden; lamanya penelitian
    *Data-data sekunder
    *Content analysis. Analisis berita dari media-media utama.
    *Clipping service. Berita yang dianalisis disebar kepada eksekutifyang berkepentingan dan dimintai komentar. Berita-berita tertentu perlu diumumkan kepada karyawan.
  • Penelitian, dibutuhkan untuk mendapatkan fakta atas simtom masalah dan untuk melakukan evaluasi. Prelimenary survey: fakta yang masih harus diuji kebenarannya. Penelitian ini dibagi menjadi tiga, yaitu penelitian informal (Praktisi PR harus mengumpulkan fakta sebanyak-banyaknya terutama yang menyangkut opini dan sikap karyawan terhadap pekerjaan), penelitian sekunder (data yang telah dikumpulkan dan diolah oleh pihak ketiga, pihak ketiga disini maksutnya sumber lain fakta yang ada misalnya artikel yang ada kaitannya dengan suatu lembaga. Dan membiasakan diri melakukan skimming atau membaca cepat), dan penelitian formal (Biasanya menggunakan jasa riset dan perusahaan konsultan lain, degan cara wawancara FGD atau penelitian statisti dan membutuhkan keahlian khusus sekaligus menyita banyak waktu)
  • Teknik Riset Formal (Ilmiah) ada beberapa cara untuk melakukan riset informal secara ilmiah, yaitu:
    *Analisis Isi. Menghitung verbal content dari pesan tertulis/lisan yang sudah ditranskripsikan. Kiping berita; chatroom; laporan tahunan dan publikasi lain dari pesaing.
    *Riset survei. Pengujian secara hati-hati dan terperinci terhadap pengetahuan, persepsi, sikap dan opini dari anggota masyarakat yang beragam. Data demografis dan data opini.
    *Riset Eksperimental.
    a.Eksperimental laboratorium
    b.Eksperimental lapangan

Empat tahap diatas adalah hal-hal yang harus dijalankan dalam Public Relations yang ada di suatu perusahaan atau instansi readers :D. Setelah ini kita akan membahas mengenai "Perencanaan Program P.R berdasarkan Analisis Lingkungan, Situasi dan Kondisi)  

Materi Perkuliahan :
Senin, 05 September 2016 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar