Translate

Kamis, 06 Oktober 2016

Kegiatan Public Relations (Part. 1)



PEMBAGIAN TANGGUNG JAWAB dalam kegiatan PR

Pembagian tanggung jawab dalam PR sangat penting untuk jalannya program yang akan dilakukan dikedepannya. Karena kegiatan yang akan dilakukan tidak boleh hanya dikerjakan oleh professional PR saja, melainkan harus ada persetujuan dari manajemen perusahaan dan bagian-bagian penting didalam perusahaan. Segala sesuatu yang dikerjakan bersama akan lebih mudah diselesaikan sesuai target yang sudah direncanakan.
Pembagian tanggung jawab (pembagian tugas) di divisi PR dari suatu perusahaan biasanya didasarkan pada kebutuhan dari perusahaan tersebut, sehingga biasanya pembagian divisi PR tidak selalu sama dari satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Pada umumnya divisi PR di suatu perusahaan terdiri dari: Institusional Relations, Media Relations, and Government Relations.

 Intitusional Relations atau hubungan antar lembaga dalam bahasa Indonesia adalah suatu bagian dari divisi PR di perusahaan yang bertugas melakukan jalinan hubungan ke lembaga-lembaga yang ada di masyarakat. Hubungan tersebut dilakukan untuk menjalin hubungan dengan masyarakat atau lembaga yang ada di sekitar perusahaan. Hal tersebut penting dilakukan karena lembaga, komunitas, ataupun kumpulan masyarakat non lembaga merupakan stakeholder yang berpengaruh terhadap kegiatan dan keberlangsungan suatu perusahaan. (Misalnya, melakukan kegiatan CSR yang dilkaukan sebuah perusahaan. Hal itu menimbulkan citra positif dimata masyarakat dan meyakinakan stakeholder agar tetap mau bekerja sama dengan perusahaan tersebut. 

Sementara Media Relations atau hubungan dengan media adalah bagian dari divisi PR di suatu perusahaan yang bertugas untuk menjalin hubungan dengan media mainstreem pada umumnya. Media relation lebih bertugas untuk bagaimana berhubungan baik dengan media, mengatur arus informasi ke media sehingga isu yang muncul dapat terencana.  Menjalin hubungan dengan media juga merupakan hal yang penting di dalam PR, karena media juga merupakan stakeholder. (Seperti kegiatan mengerjakan press release yang akan diumumkan pada media atau melakukan press conference dengan  mengundang media. Dan juga bisa melakukan kegiatan media gathering, dimana kegiatan ini berlangsung untuk menjalin hubungan baik dengan media.)

Divisi PR selanjutnya adalah Government Relations atau hubungan dengan pemerintah. Pemerintah sebagai pemangku kekuasaan dianggap sebagai stakeholder yang sangat berpengaruh sehingga menjalin hubungan dengan pemerintah merupakan hal wajib yang dilakukan oleh PR suatu perusahaan.  Karena apabila dilakukan pemetaan, ada 3 unsur penting bagi PR, yang pertama ada pemerintah, masyarakat, dan swasta. Ketiga unsur penting tersebut sangat berpengaruh di dalam masyarakat, sehingga dibutuhkan pendekatan, hubungan, dan pengelolaan terhadap ketiga unsur tersebut. (Kasus contoh lain dalam pebagian tanggung jawab divisi PR ini adalah misalnya suatu perusahaan yang berkecimpung dibidang jasa perjalanan wisata. Suatu pemerintahan ingin emlakukan perjalanan wisata bersama karyawan yang bekerja di pemerintahan tersebut. Dan paerusahaan ini menawarkan harga diskon untk menginap di salah satu hotel yang baik dimana karyawan pemerintahan ini akan berlibur. Hal ini bisa dijadikan cara untuk bekerja sama dan menjalin hubungan baik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar