Hai readers, setelah minggu lalu di blog aku sudah membahas pengantar Manajemen Public Relations, kali ini aku akan membahas pentingnya Public Relations itu sendiri, hal ini bisa digunakan baik di instasi (lembaga) atau organisasi yang ada. So, lets start it! ;)
Seperti yang kita tahu, sebuah instansi atau organisasi pasti membutuhkan Manajemen yang berlaku didalamnya. Misalnya Manajemen waktu agar semua yang ditargetkan sesuai dengan apa yang diinginkan, Manajemen keuangan agar segala bentuk anggaran dalam mewujudkan suatu rencana bisa terperinci dengan baik dan bisa diatur sesuai dengan budget (tidak lebih dan tidak kurang) Nah, ternyata Public Relations juga berkaitan dengan Manajemen. Public Relations sebagai alat Manajemen. Berikut adalah penjelasannya
1. Secara struktual HUMAS merupakan bagian dari Organisasi, yang berarti fungsi yang melekat pada Manajemen Perusahaan.
2. Fungsi Komunikasi dua arah antara lembaga dan publik peranannya turut menentukan sukses tidaknya visi, misi dan tujuan organisasi dan perusahaan.
3. Humas disesuaikan sesuai fungsinya. Namun banyak organisasi atau perusahaan tidak memfungsikannya dengan baik.
4. Seorang HUMAS berada dibawah kedudukan pimpinan, tidak boleh sejajar dan tidak boleh dibaah bagan yang lainnya. Secara struktur harus sama dengan fungsi.
Selain itu, Public Relations juga memiliki strategi dalam Manajemen Orgnisasi, yaitu:
1. Mengevaluasi opini publik
2. Identifikasi kebijakan dan prosedur organisasi untuk kepentingan publik (bisa dievaluasi berasarkan masukan)
3. Merencaakan dan melaksanakan program kegiatan berdasarkan penelitian (memantau sejauh mana pijakan unuk membuat perencanaan)
4. Menciptakan dan mengembangkan persepsi baik bagi organisasi, perusahaan, lembaga atau produknya terhadap masyarakat yang mempunyai dampak positif bagi masa depan perusahaan, lembaga, perusahaan, dan produknya.
Cara kerja Manajemen Organisasi secara operasionalnya, yaitu:
- Melaksanakan penelitian (apa output dan feedback khalayak. Penelitian ini bersifat opinion atau riset motivasi)
- Perencanaan, penyusunan suatu program acara.
- Pengkoordinasian, mengkoordinasi suatu tim kerja dengan menentukan kerjasama dan keterlibatan bagian atau devisi lainnya dalam suatu koordinasi tim yyang solid sebagai upaya pencapaian tujuan perusahaan.
- Produksi: bentuk produksi yang dihasilkan oleh HUMAS berupa produk publikasi dan promosi upaya mendukung perluasan pemasaran produk yang berpengaruh pada perusahaan. Ada dua macam memproduksikan suatu brand atau perusahaan, yaitu:
- Hard Selling : Menjual Produk
- Soft Selling : Menginformasikan CSR (Corpoorate Social Responbility) perusahaan tersebut pada khalayak.
- Partisipasi khalayak atau ekonomi, melakukan suatu komunikasi timbal balik bagi kepentingan manajemen organisasi juga publiknya kegiatan CSR.
- Nasehat (Advisory), diharapkan HUMAS bisa mmberikan sumbangan saran kepada pimpinan berkenan dengan penyesuaian kebijakan yang demi untuk kepentingan publik.
Last but not least ~ Setelah membaca apa itu pentingnya Public Relations bagi suatu Manajemen Organisasi, ada tahapan yang penting dan berguna bagi jalannya kinerja Public Relations, yaitu :
- Menentukan Masalah, diharapkan memperoleh fakta-fakta yang ada, yaitu mencari informasi, data yang menjadi pijakan dalam mengambil langkah selanjutnya. Tahapan ini memnjawab pertanyaan "Apa Yang Sedang Terjadi?"
- Perencanaan dan Penyusunan Program, bisa menjawab pertanyaan yang ada. (Penyusunan Program, Merumsukan Tujuan Program, Strategi Komuikasi. Pada tahapan ini menjawab pertanyaan "Apa Yang Harus Dilakukan?")
- Aksi dan Komunikasi adalah aktualisasi mengundang wartawan untuk klarifikasi (press conference) Menjawab pertanyaan "Bagaimana Melaksanakannya?"
- Evaluasi, langah terakhir untuk mengetahui dan menilai apa yang sudah dilakukan sesuai dengan apa yang diencanakan. ahapan ini menjawab pertanyaan "Apa Yang Sudah Dilakukan?"
OKEE readers itu tadi adalah bebrapa pembahasan materi pentingnya Public Reations bagi Manajemen Organisasi. Bagaimana cara kerja operasionalnya, sampai tahapan apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan Public Relations dimana ada masalah di suatu perusahaan atau organisasi yang ada. Semoga bisa membantu ^^
Materi Perkuliahan:
Senin, 29 Agustus 2016
Tidak ada komentar:
Posting Komentar