Translate

Senin, 21 Maret 2016

FYI: For Your Information! (Part 2)

Setelah kemarin aku sudah menulis tentang perbedaan dari Trailer, Teaser, Clip, Featurette, TV Spot, dan Behind The Scenes. Kali ini aku bakal berbagi info tentang bagaimana cara perusahaan atau lembaga untuk beriklan melalui film yang biasa kita tonton di Bioskop. Pastinya kita ga akan pernah sadar bahwa pada saat kita nonton film, ternyata juga ada terselip beberapa produk atau merk dalam suatu scene dalam film tersebut. Kemarin aku sempat membahas sedikit tentang Trailer, hayoo masih inget ga railer sendiri itu apa :p ? Trailer ini adalah salah satu bentuk promosi dari film yang akan tayang di bioskop, karena sebagian besar orang yang ingin menonton film adalah dengan cara melihat Trailer tersebut. TAPIIII, siapa sangka Trailer (iklan film) ini memiliki kelebihan dan kekurangannya loh antara lain:

 Kelebihan Trailer (iklan film)
* Pengiklan menyukai trailer karena trailer di tayangkan di depan audiensi  yg perhatianya memang benar benar tertuju ke layar, tidak sambil membaca atau mengobrol. Level perhatianya lebih tinggi pada iklan trailer ketimbang media lain.
Kelemahan Trailer (iklan film)
·       * Penonton yang menonton film di bioskop harus mengeluarkan uang dengan harga mahal.

      
Dalam film ini sebelum Tom Hanks mengantar paket terlihat bahwa transportasi jasa pengiriman barang FedEx

Pada saat ia tersesat pun, masih terselin logo jasa pengirman barang FedEx



      Perusahaan atau lembaga besar juga bisa loh beriklan di dalam film yang sedang kita tonton. Misalnya aja dalam film Castway, Tom Hanks berperan sebagai karyawan Federal Express yang terdampar di pulau terpencil, dan setelah berhasil selamat, dia tetap bekerja sebagai pengantar paket. Dan beberapa kritikus film membuat gurauan bahwa film ini adalah sepenuhnya iklan dari FedEx

      Selain itu, dalam suatu film yang kita lihat terdapat produk-produk yang terselib dalam sebuah adegan film yang sedang berlangsung dan aneh bin ajaib nya lagi kita sebagai audience ga sadar loh atas apa yang kita lihat itu ternyata adalah iklan! Ga Percaya? yuk mari di lihat :p

      


      


Ada yang pernah nonton Amazing Spiderman 1 dan 2 yang diperankan oleh Andrew Garfield? NAHHH film ini adalah salah satu film dari sekian banyak film yang mengiklankan suatu produk atau merk yang ada. Kalo kalian jeli dan teliti, semua gadget elektronik yang digunakan Spiderman ganteng ini adalah Sony. Dari Handphone, Laptop, Camera, dll. Dan beberapa scene ketika Peter Parker memaikan gadget yang sedang digunakannya, pasti kamera akan memperlihatkan juga merk Sony yang ada. Kenapa Sony? yaiyaaalahhh, film Amazing Spiderman 1 dan 2 ini di produksi oleh Sony Pictures. Jadi otomatis yang ada di dalam gambar juga harus berbau Sony :)). Penempatan produk dalam film juga memiliki kelebihan dan kelemehan loh, di antaranya:

* Kelebihan Utama dari penempatan produk adalah ia menunjukkan penggunaan produk dalam setting natural oleh selebriti yang sedang memainkan perannya. Selain itu kelebihan yang lain adalah kemunculan iklannya yang tak terduga dan mungkin tidak disadari oleh penonton bahwa ada iklan yang terselip dalam film tersebut.


* Kelemahannya, problem terbesarnya yaitu iklan tidak diperhatikan sama sekali, karena mungkin orang yang menonton film atau televisi tersebut lebih asyik melihat jalan cerita yang ada. Problem yang lainnya yaitu ketika tidak adanya kesesuaian antara produk, film, dan audience nya, Misalnya, kalian pernah nonton film Habibie dan Ainun? aku pernah nonton dan pada suatu scene dimana pak Habibie dan bu Ainun sedang berbincang di ruang makan lagi minum teh dan makan camilan Gery Chocolatos. Kalo dipikir pake logika, logis ga sih di jaman dulu, jaman pak Habibie sedang menjabat sebagai presiden sudah ada produk jajanan tersebut? Sedangkan seinget aku, jajanan itu pertama kali muncul di masa aku duduk di bangku SD, nahh dari situ bisa dikatakan produk yang di iklankan tidak tepat dengan filmnya :)) . Kesulitan lain yaitu pengiklan tidak tahu apakah film akan sukses atau gagal saat mereka sedang menegosiasikan kontrak perjanjian penempatan. 

Nahh itu tadi guys beberapa penjelasan tentang beriklan dalam film. Udah pekaa kann baru sadarr yaa setelah baca ini, ternyata waktu kita nonton fil tersebut ada iklan-iklan yang terselip di dalamnnya :p. Tunggu lagi yaa info seputar film lainnya :*.xx  


1 komentar: